Roti Cane



Udah lama pengen nyoba lagi bikin roti cane. Bulan kemarin udah nyobain bikin, tapi masih kurang puas karena hasilnya terlalu garing. Terlalu semangat berimprovisasi dari resep aslinya ( dari Dapur Bunda)...aku menambahkan susu dan mentega lebih banyak dari resep aslinya, biasa lah, maksudnya sih supaya rasanya lebih enak, tapi ternyata hasilnya gak seperti yang dibayangkan... ha ha ha dasar sotoy...
kesimpulanku adalah "jangan menambahkan mentega kebanyakan pada adonan awal karena akan menyebabkan terlalu garing".
Jadi minggu ini nyobain lagi dengan sedikit modifikasi ... Bikinnya bareng sama anak-anakku Rania & Alya, yang emang suka banget sama Roti2 ala india kayak roti paratha dan roti cane, mereka gak sabar banget nungguin masakannya mateng, jadi begitu selesai, langsung dimakanin dengan dengan semangat.
O iya... roti ini enak dimakan dengan kari atau ditaburi gula halus, tapi anak2ku suka makan roti cane polos aja tanpa tambahan apa2.

Roti Cane
modified by : Dapur Dyah

Bahan :
500 gr tepung terigu (aku pake cakra)
165 ml air (aku pakai 200 cc air)
1 sdm minyak samin (aku pakai olive oil)
2 butir telur
1/2 sdm garam

Untuk dioles : kurang lebih 100 gr mentega/butter (ini tambahan dari aku)

Cara membuat :
- Campur air, garam, olive oil dan telur
- Masukkan terigu, uleni hanya sampai tercampur rata
- Timbang adonan @70 gr, bulatkan, taruh dalam baskom, tutupi plastik.
- Diamkan 1 jam, supaya adonan tidak melawan ketika digilas
- Ambil 1 adonan, gilas menjadi lingkaran dengan diameter kurang lebih 15 cm.
- olesi dengan mentega, lalu gulung memanjang.
- Gulung kembali menyerupai konde, sampai seluruh adonan habis
- Diamkan 10 menit
- Gilas kembali menjadi lingkaran dengan diameter kurang lebih 15 cm
- Siapkan wajan anti lengket, taruh roti cane, masak dengan api kecil.
- Bolak balik sampai sedua sisinya kecoklatan, angkat
- Olesi lagi dengan mentega, lalu roti cane di kepruk menggunakan 2 buah sendok besar, supaya layer2nya kelihatan.

Supaya lebih jelas, perhatikan step2 berikut :
(Makasih ya Rania, udah diajarin bikin foto kayak gini, biasanya ibu kan gaptek ya... ha ha ha...)



sayang gak sempat bikin foto setelah adonan matang dan dikepruk-kepruk (basane opo yo... dipukul-pukul kali), jadi silakan berimajinasi ya.
.
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

1 komentar:

Anik Esty mengatakan...

Makasih resepnya..

Posting Komentar

TEST