Pempek Ikan Gabus



Dapat kiriman daging ikan gabus dari tetangga yang orang Palembang (tenkyu bu Rahmi), katanya disana kalau mau buat pempek enak banget, tinggal beli gilingan daging ikan yg sudah bersih dari tulang dan kulit, bisa pilih ikan gabus, tenggiri atau ikan lainnya. Wah, bisa rajin bikin pempek kalau disini ada ikan yang seperti itu.

Terus terang aku emang belum pernah makan, apalagi bikin pempek dari ikan gabus, selain karena disini jarang ada ikan gabus yang ukurannya besar, ternyata susah banget untuk memisahkan daging ikan dari kulit dan tulangnya, jadi berhubung daging ikannya sudah dapet yang bersih, semangat deh buat nyobain bikin pempek gabus.

Rasa dan aroma pempek ikan gabus lebih ringan daripada pempek ikan tenggiri, tapi teksturnya lebih lembut, jadi kalo ditanya mana yang lebih enak, dua duanya sama2 enak dengan ciri khasnya masing masing...

Resepnya sama dengan resep pempek tenggiri yang aku posting sebelumnya, tp untuk mempermudah aku tulis ulang ya.


Bahan :

1 kg daging ikan gabus
800 gr sagu tani
500 ml air es
3 sdm gula pasir
2 sdm garam
MSG (kalau suka)
20 telur ayam


Cara membuat :

1. Taruh daging ikan gabus di baskom
2. Campur ikan dengan air es, uleni sekitar 10 menit supaya hasilnya kenyal
3. Masukkan garam, gula pasir dan MSG aduk sampai tercampur rata dan mengental.
4. Masukkan sagu tani sedikit demi-sedikit, aduk pelan-pelan sampai tercampur rata.
5. Ambil 100-120 gr adonan, bulatkan lalu buat lubang seperti sumur.
6. Besarkan lubang tersebut masukkan telur ayam lalu rapatkan lubang tersebut
7. Masukkan ke dalam panci yang berisi air mendidih rebus sampai mengapung, angkat.
8. Tiriskan sambil diangin-anginkan supaya permukaannya agak kering.
9. Pempek siap digoreng atau disimpan di kulkas. (tahan 3 hari).


Tips :

  • Yang harus diperhatikan : Ketika mencampur sagu, adonan tidak boleh diuleni, hanya diaduk pelan2 supaya tidak keras hasilnya.

  • Adonan memang agak lengket, jadi ketika akan membentuk, lumuri tangan dengan sagu supaya lebih mudah membentuknya.

  • Note : pemakaian MSG yang diajarkan di tempat kursus adalah 3 sdm per 1 kg ikan (pantesan kalo beli enak banget ya hi hi hi), tapi pake 1 sdt juga cukup atau tidak usah sama sekali juga gak papa, udah enak kok.

  • Pempek dapat disimpan di frezer supaya lebih awet, tapi kalau mau dimakan kukus atau rebus dulu, baru digoreng.
    • Digg
    • Del.icio.us
    • StumbleUpon
    • Reddit
    • RSS

    0 komentar:

    Posting Komentar

    TEST